Apa yang harus disiapkan untuk studi gitar klasik di Austria?

Halo pelajar gitar klasik! Setelah di post sebelumnya saya membahas alasan bersekolah ke Eropa, sekarang saya akan bahas aplikasi pelaksanaannya. Saya melanjutkan studi ke Austria, jadi saya akan bahas spesisfik di negara ini. Nah apa saja langkah yang harus dilakukan untuk bisa bersekolah di Austria? Step - stepnya akan saya jabarkan dalam poin supaya lebih terstruktur:


  1. Pelajari bahasanya. Kenapa poin ini saya taruh di poin pertama? Karena ini yang memakan waktu persiapan. Sambil kalian belajar bahasa Jerman, kalian bisa melakukan poin yang lain. Persyaratan bahasa di setiap Universitas berbeda dan levelnya tergantung jenis peminatan yang kalian ambil. Contohnya, di Universitas tempat saya belajar (Anton Bruckner Privatuniversität), syarat untuk peminatan Performance A2 dan Pädagogik B1 dan sertifikat ujian bisa kalian berikan sampai akhir semester 2.

  2. Kunjungi Website Universitas yang kamu minati dan lihat persyaratan ujian masuknya. Umumnya kalian harus mengikuti ujian teori dan audisi permainan. Terkadang tergantung peminatannya, kalian bisa diminta untuk memainkan piano. Sayangnya di Austria, pendaftar harus ada di tempat saat audisi. Jadi kalian tidak bisa hanya mengirimkan video audisi.

  3. Setelah kalian lakukan pendaftaran audisi, segera urus dokumen untuk keperluan visa kalian, karena waktu pengeluaran visa sangat tentatif dan jangan mengambil resiko memasukan dokumen dengan waktu mepet. Dokumen apa yang diperlukan, bisa dilihat langsung ke website kedutaan Austria.

  4. Siapkan repertoire yang diminta. Ini sebenarnya adalah hal paling penting yang harus disiapkan. Persaingan masuk ke Universitas sangatlah tinggi, terutama kalau kalian ingin belajar dengan dosen ternama. Biasanya mereka juga mempunyai sedikit kuota untuk tiap semesternya. Setelah hampir 8 tahun berada di Austria dan melihat permainan para gitaris Eropa, ada hal yang sangat penting yang harus diperhatikan. Jadi apa yang mereka cari dari para pelamar? Secara garis besar, mereka mencari calon mahasiswa yang mempunyai paket keseluruhan, dalam arti kemampuan teknik dikombinasikan dengan pemahaman dari musik yang dimainkan. Biasanya, ada 2 tipe mahasiswa yang akan diterima. Pertama, pelamar dengan teknik standard tapi bisa meyakinkan juri dengan pemahaman musiknya, atau pelamar (dan ini banyak jumlahnya) dengan kemampuan teknik luar biasa dan pemahaman musik yang mendalam.

Sayangnya, dalam pengajaran gitar klasik di Indonesia, pemahaman musik jarang dibahas mendalam. Masih banyak guru gitar yang mengajar cara `membaca`not saja. Murid datang, dia bisa memainkan not yang ada di atas kertas, lalu dia pulang. Sedangkan di Eropa, hal ini hanyalah hal fundamental. Yang lebih penting adalah, bagaimana sang musisi bisa menyampaikan pesan dan memberikan impresi kepada penontonnya.

Bayangkan jika sang dosen hanya mempunyai kuota 4 orang, dan kalian bersaing dengan pelamar yang tekniknya bisa dibilang sama dengan kalian tapi dia lebih mengerti musik yang ia mainkan. Bagaimana menurut kalian kesempatan kalian? Bagaimana juri bisa mengerti musik yang kalian mainkan, kalau kalian sendiri tidak mengerti?

Sampai di sini dulu tulisan saya. Selanjutnya saya akan membahas cara - cara mengembangkan pemahaman akan musik yang dimainkan. Seperti biasa, kalian bisa hubungi saya di social media atau di website ini.

24 tampilan

©2019 by Play from heart. Proudly created with Wix.com

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now